Rabu, 18 September 2013

Pembentukan Cekungan Batubara Papua Bagian Utara.



Orogenesa Formasi Pembawa Pembentukan Cekungan Batubara
Kabupaten Mamberamo, Waropen, Sarmi dan sekitarnya
Provinsi Papua Bagian Utara.

Oleh : AIRONI AISOREI BEROTABUI
Mahasiswa S1 (NIM: 11321014)
Prog. Study : Teknik Geologi USTJ- Jayapura Papua
Dibuat : 2013-09-12

Keyword : Aurimi Formation; UNK formation; Coal Formation; Orogenesa Melanesia; Mamberamo Trust Belt, Meetvlakte. Subjek : Geology. Sub Subjek : Engineering

Abstrak

Pembentukan Cekungan Batubara Papua Bagian Utara merupakan salah satu cekungan sedimentasi yang terletak di wilayah Kabupaten Mamberamo dan beberapa kabupaten disekitarnya bagian Utara Pulau Papua, yang di kenal dengan salah satu cekungan batubara yang cukup besar di kawasan Indonesia Timur. Geologi di wilayah ini sangat kompleks karena kawasan ini terbentuk dari dua interaksi lempeng yaitu lempeng benua Australia dan lempeng samudera Pasifik sehingga menghasilkan bentukan yang khas, dan periode pembentukannya lebih dikenal dengan Orogenesa Melanesia. Secara geografis terletak pada 01° 30' - 03° 30’ LS dan 1600'- 141° 00’ BT, mempunyai panjang 2400 km dan lebar 660 km.
Orogenesa mengakibatkan pola struktur Papua menjadi sangat rumit dan khas. Secara keseluruhan unsur ini diakibatkan oleh gaya pemampatan berarah barat daya-timur laut, searah dengan tumbukan. Ada dua bagian kerak utama yang terlibat di Papua yaitu kraton australia dan kerak pasifik, yang pertama adalah mantap dan menjadi dasar bagian selatan, sedangkan yang kedua merupakan alas pantai utara (termasuk teluk cenderawasih), Awal Miosen merupakan masa Orogenesa Melanesia. Cekungan ini berarah timur-barat terletak di batas Selatan Lempeng Samudra Pasifik. Batas-batas lainnya yaitu, bagian Barat berbatasan dengan Sesar Anjak Mamberamo, sebelah Selatan di batasi oleh Lajur Ofiolit Papua dan Jalur Anjak  Pegunungan Tengah pada daerah ketinggian Pengunungan Pulau Papua, dan di bagian tengah di batasi oleh adanya dua sungai yang membentuk satu sungai utama sungai Mamberamo (Meervlakte).Formasi batuan pembawa Pembentukan Cekungan Batubara Papua, dari tua ke muda adalah Formasi Aurimi [Tmpa] yang tersusun dengan beberapa satuan batuan jenis sedimen serta batubara setempat pada umur Miosen akhir – Pliosen yang merupakan formasi awal pembawa batubara, Formasi UNK [QTu] yang mengandung lignit, sisa-sisa tumbuhan dan menindih selaras pada formasi Aurimi di korelasikan dengan formasi daerah Mamberamo, dan diakhiri oleh Formasi Kukunduri yang juga mengadung sisa-sisa tumbuhan yang berumur Plistosen. Umur awal pembentukan cekungan batubara secara Regional dari Miosen Tengah-Holosen.

1 komentar:

  1. Ok, sy cari Geologi Batubara Papua tapi untuk seluruhnya susah dapat...yg ada dari Kaimana, Sorong, Nabire. sehingga sy minta izin untuk Copy materi ini.

    BalasHapus

Di Group FB-GM

Berikan Pendapat Anda Seberapa Besar Pengetahuan Masyarakat Papua tengtang disiplin ILMU KEBUMIAN,.. Khususnya ILMU GEOLOI di Tanah Papua...???